Format file gambar untuk situs web SMKN1 Gending

 

 

Visual konten adalah "senjata Rahasia" ketika kita mencoba berkomunikasi dengan audiens kita secara online, walaupun kita membangun situs yang luar biasa, dengan info grafis atau yang bersifat informatif melalui web.
Masalahnya adalah : memilih format file yang benar untuk gambar memang seperti perang yang menghabiskan tenaga.
Format gambar yang ideal adalah tergantung pada apa yang kita harapkan dalam web tersebut. Apakah kita akan mencoba untuk menghemat space ?, apakah kita ingin kualitas gambar bagus yang bisa di edit ? atau kita ingin animasi ?
Empat besar dalam format file tersebut adalah JPG, GIF, PNG dan SVG yang telah bersaing selama beberapa dekade. Disini akan saya sampaikan apa yang saya ketahui sebagai siswa SMKN 1 Gending yang mendapat kan info ini dari guru kita tercinta Bpk, Syamsudin S.Kom, sehingga kita bisa memilih format yang benar untuk web kita, serta disini pula saya ingin curhat betapa sulitnya saya memilih format file ini untuk web SMKN1 Gending ini.

 

Joint Photographic Experts Group - JPG atau JPEG

 

JPG (Joint Photographic Experts Group) pertama kali di buat tahun 1986. Format file ini hanya membutuhkan spasi yang kecil dan cepat serta mudah untuk di upload dan download.
JPG mendukung jutaan warna, jadi sangat ideal untuk gambar nyata seperti photo. Ini bekerja baik untuk semua jenis web dan merupakan pilihan terbaik untuk posting di sosial media. Dalam kenyataanya hampir semua kamera digital dan smartphone menyimpan gambar dalam bentuk JPG
JPG is "lossy" yang artinya jika data di kompres maka data tertentu yang dianggap tidak dibutuhkan akan dihapus secara permanen dalam file ini yang ini berarti kualitas yang sama akan hilang atau di kompromikan ketika file apapun di konvert ke JPG
Bisa jadi JPG kita jadikan format default untuk upload file ke web, selama tidak memerlukan transparansi, mempunyai teks, atau kemampuan dalam merubah warna seperti logo atau icon.

 

Graphics Interchange Format  - GIF

 

GIF di hadirkan pada tahun 1987 untuk masalah pengiriman data gambar dari koneksi yang lambat atau bandwidth yang rendah.

 

GIF adalah "loseless" yang artinya GIF bisa mempertahankan semua datanya, tapi dia lebih kecil dari JPG, khususnya di karenakan GiF hanya meng akomodasikan 256 warna index saja. GIF di utamakan untuk gambar yang kecil dan sederhana seperti icon saja. Tapi ada satu yang sangat menarik : gambar nya bisa dalam bentuk animasi. Tidak ada asosiasi dengan GIF, tapi ini adalah tetap merupakan kelebihan dalam web kita.

Portable Network Graphic - PNG

PNG (portable NetworK Graphic) di kembangkan sejak tahun 1995 dan menggantikan GIF dan sempat bermasalah dengan paten. Jika ukuran dari file tidak menjadi masalah dan anda bekerja dengan gambar yang komplex, mungkin PNG merupakan pilihan terbaik.
PNG-8 hampir sama dengan GIF yang hanya mendukung 256 index warna. PNG-24 seperti JPG bisa mendukung 16 juta warna. PNG biasanya sering dipakai dalam gambar statis seperti JPG, tapi mendukung animasi
Seperti GIF, PNG adalah "loseless" hingga kita tidak kehilangan data selama kompresi dan sangat ideal untuk datail grafis atau jika bekerja dengan file yang sedang di edit. Ini adalah satu satunya format raster yang mendukung transparansi.

Scalable Vector Graphics - SVG

SVG (Scalable Vector Graphics) ini adalah gambar vector yang di release tahun 2001 dan lebih powerfull di banding format yang lain yang di gunakan untuk web. Tidak seperti format raster yang di lihat di JPG, GIF dan PNG sebuah file SVG gambarnya selalu tajam dan jernih pada berbagai resolusi dan ukuran.
hal ini dikarenakan SVG di gambar secara matematis untuk mebentuk "shape" dan "curve" bukan dalam pixel. SVG bisa di animasikan, mendukung transparansi dan berbagai kombinasi seperti gradient dan warna.
SVG adalah "Loseless" seperti GIF dan PNG, akan tetapi jika di bandingkan dengan lainnya file SVG adalah sangat besar.

 

Jadi yang mana yang kita pilih ?
Jika meng upload gambar gambar ke facebook, pemenangnya adalah JPG, jika tentang animasi kecil dan pendek yang lucu lucu GIF adalah juaranya.
Untuk gambar dengan kualitas tinggi, icon yang detail banget dan memerlukan transparansi pastilah pemenangnya adalah PNG.
SVG sangat ideal untuk gambar dengan kualitas tinggi dan bisa di skala kan dalam berbagai ukuran.
Tetapi untuk di situs SMKN1 gending ini pilihan yang paling di tekankan adalah agar web bisa tampil gegas dan cepat ... seperti perang saja .. !

Nilai butir ini
(0 pemilihan)
Selengkapnya di dalam kategori ini: « CSS "Brunang"

Berikan komentar

Pastikan anda memasukkan semua informasi wajib, yang bertanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.

kembali ke atas